Info Lowongan Kerja 2015| Lowongan Kerja Terbaru | Seputar Dunia Kerja | Tips Kerja di Perusahaan

Thursday, May 9, 2013

Tips Mengindari Penipuan Iklan Lowongan Kerja

Sangat sedih dengan aksi penipuan lowongan kerja yang akhir –akhir ini sering muncul ke permukaan. Info lowongan kerja dari berbagai iklan di media masa, situs atau blog yang ada di dunia maya hingga penipuan via sms missal sering digunakan oleh orang yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak halal dan tentu saja merugikan orang yang notabene tengah mendapatkan masalah (habis di PHK, atau memang belum bekerja sama sekali karena baru lulus sekolah). Bahkan tidak menutup kemungkinan informasi lowongan kerja dar iinfolowongankerja13.blogspot.com  ini sendiri ada pihak yang sengaja melakukan penipuan. Karena itu admin mengingatkan pada semua pencari kerja yang mengakses dan mendapatkan info lowongan kerja dari manapun datangnya info tersebut untuk lebih berhati –hati.

Para pencaker hendaknya memperhatikan beberapa hal yang mengarah pada kasus penipuan sehubungan dengan lowongan pekerjaan yang sedang mereka lamar.:
1.Jika pengiklan mencantumkan alamat web coba cermati alamat web tersebut, jika mencurigakan lebih baik anda membatalkan untuk melamar di perusahaan tersebut, atau coba konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak pemasang iklan lowongan kerja. Sebagai misal, lowongan pertamina tapi web yang dicantumkan adalah web gratisan, berakhiran blogpsot, wordpress atau co.cc.
2. Berubahnya posisi lowongan kerja yang ditawarkan tidak sesuai dengan yang dicantumkan informasi lowongan pekerjaan.
3.Pada saat wawancara, proses wawancara berlangsung seperti sebuah presentasi, dimana pihak yang katanya HRD Perusahaan  akan memaparkan profil perusahaan, keunggulan-keunggulan serta penghargaan yang didapat tanpa ada tanya jawab mengenai kompetensi pencari kerja. Biasanya tidak ada tes tertulis, psikotes atau tes lainnya. Para pelamar akan langsung diterima dan penempatan kerja.
4. Waspadai ketika  wawancara,  apakah pihak yang menjadi kontak seperti tercantum dalam sama dengan yang anda temui ketika anda datang di tempat wawancara tersebut. Jika kontak awal  berhalangan dan digantikan oleh oleh lain, ada kemungkinan anda akan dijadikan korban penipuan, karena kemungkinan nama tercantum adalah fiktif belaka.
5.Jangan pernah bersedia memberikan data berharga seperti nomor kartu kredit dan nomor rekening pada pihak pemberi kerja, karena  permintaan ini sudah mengarah penipuan. Penipuan ini biasanya melibatkan orang yang mengerti tentang teknologi kartu kredit dan transfer di bank.
6. Anda harus segera memutuskan untuk mundur jika  ada permintaan uang dari si pemberi kerja. Uang tersebut biasanya dikenakan untuk biaya training, penempatan lokasi, jaminan dan seterusnya, karena itu adalah indikasi nyata penipuan. Berapapun biayanya, baik hanya sekitar puluhan ribu apalagi jika sampai jutaan rupiah. Perlu diperhatikan terutama bagi pencari kerja yang fresh, bahwa segala biaya pencarian kerja baik dilakukan oleh internal maupun agen merupakan adalah tanggungan dari pemberi kerja.

Semoga tips singkat ini bisa menghindarkan anda dari kasus penipun lowongan kerja.
Tetap waspada dan semoga sukses…


Kata Bijak:
“Bagaimana dirimu berpikir tentang kedaan dirimu begitulah orang berpikir akan keadaanmu. Jika kau berpikir dirimu adalah orang yang kuat, tegar, penuh semangat, ceria, pintar, cantik atau tampan, menyenangkan, penuh kepercayaan diri, dan penuh tanggung jawab maka begitulah orang akan memandangmu. Jadi jangan sia-siakan dirimu dengan berpikir betapa buruknya dirimu karena tubuhmu akan merefleksikan keburukan yang kamu pikirkan dan orang lain pun akan melihatmu demikian.”

“Bahagia bukan berarti memiliki segalanya. Bahagia berarti tidak membandingkan milik kita dengan milik orang lain.”


Tips Mengindari Penipuan Iklan Lowongan Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mangun de Sastro

0 comments:

Post a Comment