Info Lowongan Kerja 2015| Lowongan Kerja Terbaru | Seputar Dunia Kerja | Tips Kerja di Perusahaan

Monday, April 29, 2013

Ingin Melamar Kerja Tapi Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Beberapa bulan lalu seorang teman curhat pada saya:
“Aku  kuliah 7 tahun. Begitu lulus ternyata tidak mudah untuk mencari kerja. Rata – rata iklan lowongan kerja yang saya minati, mensyaratkan pengalaman kerja minimal 1 tahun. Bagaimana saya bisa dapat mendapatkan pengalaman kerja, kalau mau bekerja saja tidak bisa?!”
Memang kebanyakan problem pencaker yang baru lulus dari studinya adalah sama, belum punya pengalaman kerja sedang syarat yang diminta perusahaan atau instansi adalah pengalaman kerja.

Sebenarnya satu – satunya solusi sebagai langkah awal adalah kesediaan kita untuk bekerja di sembarang perusahaan, bahkan dengan standard gaji yang rendah sekalipun.  Dari sinilah kita kemudian bisa belajar tentang bagaimana bekerja dengan baik, dan otomatis mendapatkan pengalaman kerja yang akan dapat kita gunakan sebagai senjata jika kita merasa sudah cukup mengabdikan diri di perusahaan yang kita tidak inginkan. Tetapi jika ternyata seiring berjalannya waktu perusahaan yang awalnya tidak kita sukai tersebut berkembang menjadi perusahaan besar yang sanggup memberikan kepuasan pada kita tentunya keinginan untuk menggunakan “pengalaman kerja pertama” kita sebagai senjata untuk mencari pekerjaan baru patut dipertimbangkan kembali.

Jika kita tidak sepakat dengan solusi pertama, ada beberapa tehnik yang bisa kita jalankan saat kita melamar pekerjaan sementara kita belum memiliki  pengalaman kerja. Tehnik tersebut tentu tak ada salahnya jika dicoba:

1 . Pelajari Jenis Pekerjaan Yang Kita Lamar
Jenis pekerjaan dan posisi jabatan yang tengah kita incar haruslah benar – benar kita ketahui dengan baik. Kalau perlu lakukan riset  tentang pekerjaan tersebut. Dan yang tak kalah pentingnya adalah bahwa kita harus memiliki informasi yang cukup tentang perusahaan yang tengah kita lamar  Setelah Dengan informasi yang cukup dan akurat kita bisa semakin yakin bahwa perusahaan yang kita lamar, dan pekerjaan yang kita tuju memang benar – benar cocok dengan kita sehingga saat tes rekruitmen pun kita sudah bisa meyakinkan perusahaan bahwa kita memang pantas untuk diterima bekerja.

2. Tunjukkan Antusiasisme
Ketika kita berhadapan dengan pewawancara, hendaknya kita sudah siap dengan beberapa pertanyaan yang harus kita ajukan ketika wawancara telah selesai. Kita dengan sopan bisa mengajukan pertanyaan cerdas pada pewawancara pada saat akhir sesi wawancara atau bahkan saat wawancara berlangsung jika memang kita diberi kesempatan. Kalau tidak diberikan kesempatan tentu saja kita yang harus meminta kesempatan itu.  Jika kita mengajukan pertanyaan saat sesi wawancara berakhir, berarti kita telah menunjukkan pada orang yang tengah mewawancarai kita, bahwa kita sangat antusias dengan pekerjaan yang tengah kita lamar. Ini memberikan nilai lebih pada kita meskipun memiliki kekurangan,  karena kita tidak memiliki pengalaman kerja.

3. Jangan takut menggunakan cara biasa
Apabila kita sering menggunakan internet, kita  dapat melihat bahwa tidak sedikit para pencari pekerja membuka lowongan pekerjaan. Apabila kita telah mengirimkan CV, jangan takut atau merasa sia-sia apabila kita masih menggunakan cara sederhana untuk menyampaikan ucapan terima kasih kita, baik dengan surat, telepon, atau faksimili. Cara ini dapat menunjukkan bahwa Kita sangat berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut.
  
4. Tunjukkan semangat Kita
Tidak peduli berapa banyak perusahaan yang telah Kita datangi, jaga sikap Kita agar selalu semangat dan antusias terhadap masing-masing perusahaan tersebut. Jangan mentang-mentang perusahaan yang merespons berkas lamaran Kita hanya sebuah perusahaan kecil, kemudian kita bersikap seperti kurang berminat.

Empat poin tersebut intinya adalah menujukkan keseriusan kita terhadap pekerjaan yang kita lamar. Tapi jangan membuatnya menjadi boomerang. Jika kita menjalankan ke empat tehnik tersebut tapi kita terlalu berlebihan tentu bukan nilai bagus yang kita terima. Bisa jadi justru kita bisa ditolak karena sikap kita.

Apapun hasil dari usaha keras kita, kita harus siap dengan segala konsekuensinya. Kalaupun ternyata kita tidak diterima, kita masih bisa mencoba solusi pertama atau mencoba solusi kedua di perusahaan lain.

Selamat mencoba, semoga kesuksesan menjadi miliki kita!!!

Kata Bijak: Gagal bukanlah karena kita tidak bisa, tapi karena kita tidak mau untuk menghindari kegagalan. dan satu-satunya cara menghindari kegagalan adalah menggapai kesuksesan.


Ingin Melamar Kerja Tapi Belum Memiliki Pengalaman Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mangun de Sastro

0 comments:

Post a Comment