Info Lowongan Kerja 2015| Lowongan Kerja Terbaru | Seputar Dunia Kerja | Tips Kerja di Perusahaan

Sunday, April 28, 2013

Dilema Pendidikan Terhadap Kesiapan Masuk ke Dunia Kerja

Dunia kerja adalah dunia yang kompleks.


Sistem pendidikan di Indonesia memang masih terus memerlukan pembenahan. Sistem yang memusat di kota - kota besar sering tidakmenyentuh daerah yang jauh dari pusat pemerintahan. Dan tentu saja ini sangat berpengaruh pada output yang dihasilkan pada saat memasuki dunia kerja.

Siswa - siswa lulusan dari daerah yang belum tersentuh tersebut seolah - olah telah dikalahkan sebelum berperang. Fakta ini masih berlaku hingga saat ini. Sebenarnya kondisi ini bisa dikatakan merata di Indonesia, bukan hanya di daerah -daerah terpencil yang jauh dari pusat pemerintahan. Keahlian khusus yang sangat diperlukan pada saat seseorang hendak masuk ke dunia kerja menjadi satu persoalan tersendiri yang tak bisa diatasi oleh sistem pendidikan kita. Untuk siswa - siswa yang tinggal di kota besar tentu saja hal ini bukan satu persoalan sulit, karena mereka bisa mencari bekal tersebut melalui pelatihan - pelatihan di lembaga kursus yang bertebaran di kota mereka tinggal. Tapi bagi daerah tertentu tentunya tak semudah itu. Salah satu pilihan yang bisa diambil adalah hijrah ke kota besar dan kemudian menambah bekal untuk bersaing di dunia kerja dengan mengukuti kursus atau pelatihan keahlian tambahan.

Namun kenyataan itu seolah bertolak belakang dengan fakta nyata di lapangan yang kita ketahui,tidak ada kata selaras dan seimbang dalam system pendidikan di Indonesia, hal ini yang seharusnya melatar belakangi pemerintah untuk segera melakukan evaluasi dan percepatan akses terhadap penerimaan pendidikan bagi individu siswa di daerah dan di pelosok yang belum sama sekali tersentuh, seperti papua dan di daerah Indonesia dan yang lainnya.

Kita memang hanya bisa berharap, semoga pemerintah melakukan satu kajian khusus yang mendalam agar bisa menciptakan satu sistem pendidikan yang bisa menghasilkan output yang siap kerja dimanapun mereka berada.

Dilema Pendidikan Terhadap Kesiapan Masuk ke Dunia Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment